Tupoksi Sekretaris Desa,-

  • Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa.
  • Sekretaris Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2), Sekretaris Desa mempunyai fungsi :
  1. melaksanakan Urusan Ketatausahaan, meliputi :
  2. melaksanakan urusan tata naskah;
  3. pengelolaan administrasi surat menyurat dan ekspedisi;
  4. pengelolaan arsip desa; dan
  5. penyusunan rancangan regulasi Desa meliputi Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa, dan Keputusan Kepala Desa;
  6. melaksanakan Urusan Umum, meliputi :
  7. pengelolaan administrasi Kepala Desa dan Perangkat Desa;
  8. penyediaan prasarana Kepala Desa dan Perangkat Desa;
  9. penyediaan prasarana kantor desa;
  10. pengelolaan perpustakaan desa;
  11. penyiapan rapat-rapat;
  12. pengelolaan aset desa;
  13. penyiapan kegiatan perjalanan dinas; dan
  14. pelayanan umum.
  15. melaksanakan Urusan Keuangan, meliputi :
  16. pengurusan administrasi keuangan;
  17. pengadministrasian sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran;
  18. verifikasi administrasi keuangan; dan
  19. pengadministrasian penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa.
  20. melaksanakan Urusan Perencanaan, meliputi :
  21. penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja desa;
  22. inventarisasi data dan penyusunan perencanaan pembangunan desa;
  23. monitoring dan evaluasi program; dan
  24. penyusunan laporan desa.